Kaligrafi Tembaga Kuningan

kaligrafi tembaga kuningan

Kaligrafi Tembaga Kuningan

kaligrafi bertuliskan lafadz dzikir dengan material kuningan, lokasi pemasangan di museum gusdur. di pondok pesantren tebu ireng jombang

kaligrafi tembaga kuningan dengan menggunakan bahan kuningan kombinasi dengan kayu sebagai dasarnya dan dibuat ukuran permodul 45x45cm, dan dipasang didinding.

Kaligrafi tembaga dan kuningan kini semakin banyak berkembang dan diaplikasikan untuk hiasan di masjid, sekolah-sekolah Islam, maupun rumah pribadi umat muslim. Kaligrafi sendiri merupakan tulisan yang indah, dimana di dalamnya biasanya memuat petikan ayat-ayat Al Qur’an. Anda bisa menemukan kaligrafi pada langit-langit masjid yang disusun melingkar.

Kaligrafi banyak digunakan sebagai hiasan, karena keindahan tulisannya yang saling sambung menyambung. Kaligrafi sendiri banyak mengalami perkembangan semenjak agama Islam mulai menyebar ke berbagai daerah di sekelilingnya seperti Syam, Irak, dan Mesir. Tulisan Arab yang awalnya kaku pun berubah luwes ketika ditulis dengan gaya kaligrafi.

Cara Membuat Kaligrafi dari Tembaga Kuningan

Untuk membuat kaligrafi sebenarnya bisa menggunakan kerajinan tembaga dan kuningan maupun logam lainnya seperti aluminium. Namun, tembaga dan aluminium termasuk yang paling banyak digunakan karena memiliki beberapa keunggulan seperti daya tahan dan anti korosi. Berikut adalah panduan membuat kaligrafi yang dilakukan pengrajin kaligrafi dari tembaga kuningan.

Pertama, pilih material kuningan dengan campuran timah paling sedikit. Tujuan pemilihan material ini adalah agar kuningan bisa digores. Selanjutnya buatlah desain kaligrafi yang ingin diproduksi. Untuk membuat desainnya, pengrajin kaligrafi kuningan biasanya menggunakan coreldraw (yang sudah modern) maupun cara manual (menggunakan alat tulis langsung).Desain diduplikasi dengan tujuan untuk menyesuaikannya ke ukuran yang ingin dibuat.

Tahap berikutnya ini merupakan tahap penggoresan dimana alat yang bisa digunakan adalah pena maupun pensil. Sebelum menggores kuningan, taruh terlebih dahulu karet lembaran dan spon di atas meja. Setelah itu, taruhlah logam kuningan di atasnya.Letakkan desain duplikat sesuai ukuran yang telah dibuat. Selanjutnya goreskan alat tulis di atas kuningan mengikuti desain duplikat.

Untuk memberi kesan timbul, Anda harus membuat garis di plat belakang. Selanjutnya lakukan proses penitikan pada plat agar memberi kesan timbul. Lakukan penitikan satu persatu pada semua bagian kosong hingga yang tersisa hanya goresan. Hal yang sama juga dilakukan pada kerajinan tembaga. Finishing dilakukan dengan pemberian cairan untuk membersihkan plat yang telah dibuat. Selanjutnya kerajinan dari kuningan tinggal diletakkan di figura.

Tips Memilih Kaligrafi Tembaga Kuningan Untuk Dekorasi Rumah

Pertama, pilih yang ukurannya tepat. Ukuran dari ornament tembaga kuningan harus disesuaikan dengan ukuran dari ruangan tempat memasang kaligrafi. Usahakan agar ukuran kaligrafi sesuai dengan ukuran ruangan, jangan terlalu besar maupun terlalu kecil, sehingga membuat ruangan terasa timpang. Untuk ruangan yang besar, sebenarnya kamu bisa mensiasatinya dengan cara menyusun kaligrafi kecil dalam satu tempat.

Kedua, pilih warna kaligrafi yang sesuai. Carilah kaligrafi dengan warna yang tajam dan cerah jika Anda ingin menghidupkan suasana di dalam rumah. Jika kamu ingin warna yang seimbang dengan interior, maka pesan kaligrafi dari pengrajin kaligrafi dari tembaga dengan warna yang sama dengan interior. Untuk warna kaligrafi tembaga sendiri umumnya kemerahan dan gelap.

Terakhir, pilih desain yang tepat. Produsen kaligrafi tembaga kuningan umumnya sangat cocok jika dipasang di rumah dengan konsep mewah. Kaligrafi dari material ini akan membuat rumah Anda tampak lebih elegan. Sementara jika rumah Anda minimalis, Anda bisa memilih desain kaligrafi gaya minimalis. Namun, jika rumah Anda berdesain klasik, pilihlah kaligrafi dengan desain kontemporer.

Aneka Jenis Penulisan Kaligrafi

Pertama, Khat Tsuluts. Khat tsulut merupakan jenis khat yang elegan, gagah dan mewah dan banyak diaplikasikan sebagai kerajinan kaligrafi. Bahkan, saling hebatnya khas tsuluts, seseorang belum dapat disebut sebagai khattaat apabila belum dapat menguasai khat tsuluts. Tsuluts terdiri dari 2 jenis yaitu Tsuluts ‘aady atau merupakan tsuluts biasa, serta tsuluts jaliy.

Tsuluts aady dibuat dengan pena ukuran 4 mm sementara tsuluts jaliy dibuat dengan pena ukuran dua kali lipat. Berikutnya ada  Khat Riq’ah, khat ini merupakan khat yang sederhana dan mudah dipelajari. Watak tulisan ini sendiri bisa dibuat dengan cepat. Meski begitu, khat ini termasuk sangat indah. Ciri khas khat riq’ah adalah tulisannya tidak memiliki hiasan dan harokat.

Ketiga, Khat Farisi. Khat ini populer dan berkembang dari Negeri Farsi atau Persia. Penulisan khat ini sampai sekarang masih digunakan sebagai tulisan standar dari buku pengetahuan dan website berbahasa Persia. Untuk menuliskan khat Farisi, biasanya dibutuhkan dua buah pena, karena dalam satu huruf umumnya dibuat dari dua ketebalan berbeda.

Keempat, Khat Kufi. Khat kufi banyak diaplikasikan pada kaligrafi masjid. Kufi sendiri diambil dari nama kota di Irak. Khat kufi yang berkembang pada masa daulah Fathimiyah ditambahkan unsur hiasan serta ornament di dalamnya. Kufi terdiri dari tiga jenis yaitu Kufi Fathimi, Kufi mushaf dan Kufi murrabba’.

Terakhir, Naskhi. Naskhi berkarakteristik jelas dibaca dan luwes. Penulisan khat Naskhi yakni datar mengikuti garis. Gaya tulisan naskhi sendiri kini dijadikan sebagai tulisan baku untuk karya ilmiah dan buku. Khat Naskhi adalah khat pertama yang diajarkan karena paling sederhana.

Mengapa Harus Kaligrafi dengan Kuningan?

Ada berbagai keuntungan dan alasan mengapa logam kuningan banyak dipilih sebagai logam pembuatan kaligrafi. Pertama, logam kuningan menimbulkan efek mengkilau keemasan. Meski tidak semua logam kuningan dapat memberikan efek mengkilap keemasan, namun secara alami, logam ini terkadang menimbulkan efek mengkilap keemasan.

Alhasil, hiasan kaligrafi dari kuningan ini pun tidak hanya menghias ruangan namun bisa memberikan efek istana kuningan mewah di ruang tersebut. Berikutnya, logam kuningan tahan karat. Tentu sangat tidak nyaman bukan kalau kaligrafi yang Anda pasang di ruangan rumah maupun masjid tiba-tiba berkarat ketika digunakan dalam waktu beberapa lama.

Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari material yang berisiko menimbulkan karat dan memang tidak memiliki sifat anti-korosi. Oleh karena itu, tempat jual kaligrafi tembaga kuningan adalah yang paling laku karena lebih tahan terhadap karat. Bahkan, tanpa diberikan pelapis pun kaligrafi ini tetap anti karat.

Ketiga, daya tahan lebih tinggi. Kaligrafi yang dibuat dari material kuningan dan tembaga memiliki daya tahan yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan keduanya tidak akan pecah sekalipun terjatuh. Daya tahan yang tinggi pada kedua material ini membuatnya banyak dipilih oleh pembuat kaligrafi tembaga kuningan.

Keempat, lebih indah dan mewah. Bagi Anda yang memiliki hunian dan ingin memberikan kesan mewah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan hiasan kaligrafi ini. Harus diakui jika kaligrafi dari tembaga kuningan memang memiliki ciri kemewahan tersendiri. Bahkan, dengan harga termurah sekalipun, kesan mewah tetap akan Anda peroleh.

Anda yang muslim bisa memanfaatkan kaligrafi dari bahan tembaga dan kuningan ini untuk menghiasi rumah Anda. Tidak hanya membuat rumah lebih indah dan menawan, adanya kaligrafi ini juga diharapkan dapat mendatangkan aura positif bagi para penghuni rumah tersebut. Untuk harga kaligrafi tembaga kuningan sendiri berkisar dari ratusan hingga jutaan rupiah ke atas bergantung dari ukurannya dan kerumitannya.

Deskripsi: Kaligrafi tembaga dan kaligrafi kuningan kini semakin banyak berkembang dan diaplikasikan pada untuk hiasan di masjid, maupun rumah pribadi umat muslim

kaligrafi tembaga kuningan

kaligrafi tembaga kuningan

kaligrafi tembaga kuningan

kaligrafi tembaga kuningan