Pengrajin Tembaga Istana Kuningan

pengrajin tembaga kuningan

Pengrajin Tembaga Kuningan

Pengraji tembaga Pengrajin kuningan merupakan satu dari sekian banyak jenis Pengrajin yang bisa Anda temukan dnegeri ini. Jenis kerajinan satu ini memang sangat dminati karena daya tahannya yang sangat bagus. Ada banyak sekali produk yang pembuatannya dengan bahan dasar tembaga seperti ini. Salah satunya adalah peralatan rumah tangga. Tentunya ada banyak kelebihan yang dmiliki oleh perabotan berbahan tembaga seperti ini.

pengrajin tembaga kuningan
pengrajin tembaga kuningan
pengrajin tembaga kuningan

Salah satu kelebihan yang paling mutlak adalah daya tahannya yang sangat tangguh. Berbagai jenis gerabah yang terbuat dari tembaga biasanya memiliki daya tahan hingga puluhan tahun. Perlu Anda tahu, hal ini tidak lepas dari jasa para pengrajin tembaga yang ada pada negeri ini. Mereka terus mengembangkan produknya agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini.

Kualtas produk pengrajin tembaga kuningan

Kualitas produk tembaga dari Boyolali sebagai salah satu yang terbaik di dunia ini. Tentunya hal ini tidak lepas dari ketelitian para pengrajin yang terus menjaga kualitas produknya. Mereka senantiasa menghindari pembuatan dalam jumlah banyak yang justru akan mengurangi kualitas dari produk. Kualitas dan kepuasan konsumen adalah prioritas utama kami.

Para Pengrajin Kerajinan Tembaga Kuningan Mendapat Dukungan Besar dari Pemerintah

Bagaimanapun juga, peranan pemerintah terhadap geliat pengusaha tembaga Boyolali sangatlah besar. Beberapa waktu belakangan ini pemerintah memberikan kemudahan dan banyak insentif bagi pengrajin. Salah satunya dengan program KITE yang dluncurkan beberapa waktu lalu. Program KITE atau Kemudahan Impor Tujuan Ekspor merupakan salah satu terobosan terbaik dari kementrian Perindustrian dan Perdagangan.

Hal ini membuat para pengrajin tembaga Kuningan boyolali mendapatkan kemudahan dalam mencari bahan baku. Kami bisa melakukan impor bahan baku dengan cara yang sangat mudah dan tanpa kena bea cukai ataupun PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Tentu saja hal ini sangat membantu geliat usaha tembaga. Tidak hanya Boyolali, tapi juga tersebar seluruh negeri ini.

Dengan kehadiran program KITE ini, para pengrajin tembaga kuningan wilayah Boyolali yakin akan bisa meningkatkan produksi mereka dan menjangkau wilayah ekspor yang jauh lebih luas lagi. Pasalnya program KITE dari pemerintah ini juga memberikan fasilitas bebas bea pajak bagi barang-barang mewah.

Target Produksi dan Ekspor Tembaga

Untuk Kabupaten Boyolali sendri khususnya wilayah Tumang, produk yang mengekspor ke luar negeri ternyata mencapai sekitar 50 persen dari total produk yang dbuat oleh para pengrajin.  Hal ini dungkapkan secara jelas oleh Ketua Koperasi KITE Tembaga wilayah Tumang, Bapak Muhammad Mansur.

Menurutnya saat ini kapasitas produksi dari para pengrajin tembaga kuningan seluruh wilayah Tumang mencapai hingga 150 ton per tahun. Kapasitas ini tentunya dalam berbagai Produk kerajinan tembaga dari yang besar hingga yang kecil.

Pasar ekspor

Adapun pasar ekspor yang saat ini sudah dkuasai adalah pasar Eropa sebagai pasar utama, dengan pasar Asia Timur pada posisi kedua. Saat ini para pengrajin Boyolali sedang memusatkan ekspor mereka untuk mencapai wilayah Amerika Serikat yang sama potensialnya dengan wilayah Eropa. Untuk negara Asia, Jepang masih menjadi importir terbesar hingga saat ini.

Hanya saja kendala yang muncul adalah tidak pahamnya para pengrajin terkait regulasi ekspor impor itu sendiri. Mayoritas dari barang yang mereka produksi itu justru malah diekspor oleh pihak ke tiga sehingga para pengrajin yang membuatnya tidak mendapatkan bagian yang setimpal. Karenanya dengan penyuluhan yang sering dlakukan oleh pegiat KITE, dharapkan para pengrajin bisa melakukan ekspor Produk logam tembaga ini secara langsung.

Butuh Proses Untuk Memajukan Pengrajin ke Titik Maksimal

Tidak bisa dpungkiri, dbutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuat para pengrajin ini memahami regulasi ekspor impor. Pasalnya seringkali para pengrajin yang awam ini menganggap kalau regulasi ekspor impor hanya akan menghambat proses produksi mereka. Karena itulah mereka lebih mempercayakan pengiriman produknya ke luar negeri melalui pihak ke tiga.

Jadi posisi mereka hanya sebagai bengkel kerajinan dari tembaga saja. Sedangkan mereka yang melakuan pergerakan ekspor impor biasanya dpegang oleh para kontraktor tembaga yang biasa bermain pada kelas besar. Sudah bisa dpastikan kalau geliat usaha Pengrajin tembaga kuningan Boyolali terhambat oleh minimnya pengetahuan seperti ini.

Jenis Kerajinan dari Tembaga yang Diminati Oleh Pasar Internasional

Ada banyak sekali jenis produk kerajinan tembaga kuningan yang biasa ekspor ke luar negeri. Sudah tentu mayoritas dari produk ini adalah produk rumah tangga dan produk souvenir atau hiasan. Kebanyak dari para pengrajin mengaku barang yang sering ekspor adalah barang-barang dalam bentuk perabotan seperti Guci, Vas Bunga, gantungan lampu, hiasan lemari, serta berbagai bentu hiasan lainnya.

pasar asia timur seperti Jepang, Korea Selatan dan Cina.

mereka cenderung memesan perabotan dan media peribadatan seperti misalnya patung dan lain-lain. Tanpa perlu memandang perbedaan ini, para pengrajin mengaku hanya bisa berlaku profesional dalam menghadapinya. Pasalnya mayoritas penduduk Asia Timur memang memiliki keyakinan demikian.

pasar Eropa,

pesanan harus jauh lebih variatif lagi. Mereka seringkali memesan tulisan khusus yang dukir dalam bentuk tembaga dengan salur-salur renaissance yang sesuai dengan budaya barat. Tentu saja ini bukan kendala besar karena ada banyak pengrajin profesional yang mampu menciptakannya

Keyword : Pengrajin Tembaga

Deskripsi : Para pembuat kerajinan tangan berbahan dasar tembaga maupun kuningan kini telah mendapat dukungan dari pemerintah, serta mampu memperluas target pasar.

https://www.produksitembaga.com/