Makara atau Mahkota Kubah Tembaga Kuningan

mahkota kubah tembaga kuningan
mahkota kubah tembaga kuningan
mahkota kubah tembaga kuningan
hr
mahkota kubah tembaga kuningan
mahkota kubah tembaga kuningan
kubah kuningan
kubah tembaga
dav

Bicara kubah atau Makara tembaga kuningan tentunya tidak akan bisa lepas dari bicara tentang masjid. Ornamen satu ini bisa dibilang wajib untuk dimiliki setiap masjid. Hampir setiap masjid memiliki makara atau kubah seperti ini. Memang bukan sebuah kewajiban, tapi hal ini menjadi salah satu identitas dari masjid yang ada di negeri ini.

Kubah menjadi salah satu ciri dari masjid yang membuatnya mudah untuk dicari dan ditemukan meski dari jarak yang jauh. Tentu saja hal ini sangat diperlukan karena bilamana seorang muslim kesulitan untuk mencari lokasi tempat ibadah, mereka bisa menjadikan kubah masjid ini sebagai patokan yang paling mudah untuk dicari.

Hampir setiap masjid di negeri ini memiliki kubahnya masing-masing. Tentu saja ukuran kubah akan disesuaikan dengan ukuran dari masjid itu sendiri. Masjid yang berukuran besar biasanya memiliki ukuran kubah yang jauh lebih besar dan megah. Kubah ini sendiri dipajang di lokasi yang lebih tinggi untuk memudahkan para jamaah melihatnya.

Setiap masjid memiliki jumlah kubah yang berbeda-beda. Ada yang hanya satu, dua bahkan hingga lebih dari empat. Tapi biasanya ada satu kubah utama yang diletakkan secara simetris di atas bangunan masjid. Sedangkan kubah sisanya ditempatkan pada bagian menara masjid yang biasanya dibangun di pinggir masjid atau di beberapa arah mata angin.

Jenis Kubah yang Biasa Digunakan Untuk Masjid

Perlu diketahui, ada beberapa jenis kubah yang mungkin tidak Anda ketahui dalam pembangunan masjid. Jenis pertama adalah jenis beton. Jenis kubah satu ini banyak dipergunakan oleh masjid yang baru dibangun di era modern ini. Beton dinilai lebih ekonomis dan mudah untuk dibentuk serta memiliki daya tahan yang sangat bagus terhadap cuaca.

Ada juga jenis galvanis atau stainless yang bisa Anda pilih. Hanya saja kubah jenis satu ini memiliki kekurangan dari segi bentuknya yang tidak terlalu variatif. Akan tetapi bagi Anda yang ingin melihat masjid Anda terlihat lebih megah dan istimewa, Makara tembaga atau dari kuningan tentu saja menjadi solusi terbaik yang bisa dipilih.

Pasalnya kedua jenis makara atau kubah ini memiliki bentuk dan desain yang begitu menawan. Tak heran jika kemudian kubah berbahan dasar tembaga dan kuningan ini biasa dipasang di masjid-masjid besar. Salah satunya adalah Masjid Sofia Istanbul di Turki. Ada juga banyak masjid dengan kubah seperti ini di Indonesia. Biasanya masjid yang menggunakan desain kubah berbahan tembaga atau kuningan akan terlihat jauh lebih elegan dibanding masjid lainnya.

Mahkota kubah tembaga dan kuningan menjadi salah satu bahan kubah terbaik yang bisa dipilih. Pasalnya kedua bahan makara atau kubah ini memiliki daya tahan yang sangat bagus dan sangat baik dalam menghadapi paparan cuaca dalam jangka panjang. Tak heran jika kemudian kedua jenis bahan ini juga banyak digunakan untuk material lain yang sangat rentan terhadap cuaca seperti misalnya tugu ataupun plakat.

Perbandingan Bahan Mahkota Kubah dari Kuningan dan Tembaga Dengan Bahan Lainnya

Jika dibandingkan secara ilmiah, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kubah berbahan tembaga atau kuningan dengan kubah jenis lainnya. Pertama dari segi daya tahan. Seperti yang sudah disebutkan, Mahkota kubah kuningan atau tembaga ini memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap cuaca. Selain itu juga tidak bersifat korosif sehingga tidak akan terkena karat meski digunakan dalam jangka panjang. Hal ini sudah tentu akan mengurangi biaya perawatan kubah untuk kedepannya.

Disamping itu kubah dari bahan tembaga ini bisa ditempa dengan berbagai jenis corak dan ornamen yang unik. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera jamaah masjid. Hal ini sudah tentu akan membuat masjid menjadi lebih menawan dan elegan. Bukan tanpa alasan, tapi memperindah masjid adalah salah satu bentuk ibadah yang baik. Allah SWT sangat mencintai keindahan. Terlebih jika keindahan tersebut di terapkan pada rumahnya yang suci.

Hanya saja memang kubah dari bahan tembaga atau kuningan ini memang memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kuban berbahan dasar lainnya. Tapi sudah tentu harga yang lebih mahal ini terbayarkan dengan kualitas kubah atau makara yang bisa dibanggakan. Anda tidak memerlukan dana terlalu besar untuk melakukan restorasi atau perawatan kedepannya.

Bentuk Kubah yang Sering Dipilih Untuk Masjid

Bentuk kubah yang paling sering dipilih adalah bentuk kubah melingkar dengan bagian atas yang mengerucut. Puncak kubah tembaga biasanya dihiasi dengan ornamen berbentuk bintang dan bulan. Begitu pula dengan puncak kubah dari kuningan. Hanya saja kubah berbahan dasar kuningan akan membutuhkan waktu pembuatan yang lebih lama karena ditempa dengan cara manual oleh para pengrajinnya.

Pengrajin makara tembaga biasanya membuat kubah dengan cara penempaan manual demi mengikuti corak atau ornamen yang diinginkan oleh konsumen. Sedangkan pengrajin makara dari kuningan lebih cenderung melakukan pembuatan kubah berlapis demi mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini dikarenakan kuningan memang lebih sulit untuk ditempa jika dibandingkan dengan tembaga.

Akan tetapi hasil tempaan kedua bahan baku ini memang tidak terlalu jauh. Pengrajin mahkota kubah tembaga biasanya menghasilkan kubah dengan warna kemerahan dengan ornamen yang sangat detail pada kubahnya. Ornamen ini tentunya akan disesuaikan dengan syariat Islam dimana tidak boleh ada gambar mahluk yang hidup pada bagian masjid.

Kerajinan makara tembaga dan kuningan ini biasanya dipenuhi dengan ornamen salur dan corak corak yang elegan dan rumit. Ornamen ini dibuat dengan detail pasca kubah ditempatkan di menara masjid. Diperlukan skil tingkat tinggi untuk mendapatkan ornamen atau bentuk yang sesuai dengan pesanan para konsumen. Kalau skilnya belum memadai, biasanya hasil yang didapat tidak akan maksimal 100 persen. Karenanya pastikan untuk memilih penjual makara tembaga kuningan yang benar-benar berkualitas.

Harga Makara Tembaga Kuningan

Dilihat dari segi harga, kubah tembaga dan kuningan ini memang terbilang mahal. Setidaknya Anda harus merogoh kocek jutaan rupiah untuk membelinya. Pada ukuran kecilnya dengan diameter 1 hingga 2 meter, kubah tembaga atau kuningan dibanderol di kisaran harga 10 juta rupiah. Hanya saja untuk ukuran lain yang lebih besar tentu saja diperlukan. Harga kubah berbahan dasar tembaga atau kuningan ini bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah.

Ukuran dari kerajinan tembaga kuningan ini akan disesuaikan dengan ukuran dan tingkat kesulitan dari jenis kubah yang Anda pesan. Semakin tinggi tingkat kerumitannya, tentu akan semakin tinggi juga harga yang harus dibayarkan. Akan tetapi ada banyak aspek yang akan membuat Anda tidak merasa mahal meski harus merogoh kocek dalam.

Pasalnya kubah tembaga atau kuningan ini memiliki nilai seni yang tinggi dan membuat masjid di lingkungan Anda menjadi lebih megah lagi. Mungkin itu saja yang bisa kami paparkan pada kesempatan kali ini. agar Anda bisa mendapatkan kualitas kubah yang terbaik, pastikan untuk selalu menggunakan jasa pengrajin tembaga kuningan yang sudah berpengalaman dan terpercaya.